rss

TUGAS SOFTSKILL PART 1

Posted by gie




“Tugas softskill part 1”, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan posting kali ini. ????? karena posting kali ini merupakan tugas pertama yang saya buat dan akan berlanjut hingga part-part berikutnya, entah sampai mana ujung part-nya, mungkin hanya Allah dan Dosen saya yang tahu.

Kali ini saya diberi tugas untuk membuat sebuah karakter bebas. Tapi sebelumnya, kita flashback dulu apa yang diperintahkan dosen :

Dosen : “Buat sebuah gambar karakter bebas, boleh menggunakan software apa pun dan posting tutorial pembuatan karakter tersebut diblog”.

Mahasiswa : “Iya Bu…” (sambil muka pucat, lesu, lemes)

Ok, kita mulai membahas tugas pertama ini ==>

Ide merupakan hal tersulit yang saya rasakan pada pembuatan karakter ini, di saat teman-teman saya sudah memposting tugasnya di blog, saya masih terdiam dengan blank idea. Tapi akhirnya ide itu datang juga. Saya akan membuat gambar lampu lalu lintas, tapi untuk membuatnya terlihat beda, saya tambahkan badan dan topi aparat yang bertugas mengatur lalu lintas. Sehingga saya beri nama karakter saya “Mr. Traffic Light”.

Saya membuat karakter ini menggunakan software CorelDraw. Berikut cara pembuatannya :

Untuk membuat objek No.1, gunakan Rectangle tool, kemudian buat sebuah persegi panjang secara vertical. Selanjutnya, untuk membuat kedua sisinya melengkung kedalam gunakan shape tool, caranya klik kanan pada garis objek tersebut lalu pilih Convert to Curves, lalu klik kanan lagi pada salah satu sisinya dan pilih To Curve, kemudian tinggal klik dan drag garis tersebut sehingga melengkung ke dalam. Lakukan hal yang sama pada sisi lain.

Untuk membuat objek No.2, gunakan elipse tool. Agar menjadi lingkaran gunakan Ctrl pada saat membuatnya. Sedangkan untuk membuat objek-objek kecil berwarna hitam hitam, gunakan elipse tool dan beri warna hitam.

Untuk membuat objek No.3, gunakan polygon tool dan set Number of Point or Sides-nya menjadi 3. Buat objek berbentuk segitiga sebanyak 3 buah, lalu tumpuk ketiganya. Selanjutnya blok ketiga segitiga tersebut menggunakan pick tool. Untuk membuat segitiga-segitiga tersebut menjadi satu, pada property bar, pilih weld.

Untuk membuat objek No.4, gunakan freehand tool dan buat semirip mungkin dengan objek tersebut. Jika masih kurang mirip, bisa menggunakan shape tool, caranya sama seperti pada saat membuat objek No.1.

Khusus untuk objek No. 5, kita pecah lagi menjadi beberapa bagian. Untuk bagian pertama, kedua, ketiga dan keempat, gunakan freehand tool caranya sama seperti saat membuat Objek No.1 dan 4. Sedangkan untuk bagian kelima, gunakan text tool. Setelah semuanya bagian beres, tinggal letakkan semua bagian menjadi bentuk objek No.5, untuk mengatur urutan tumpukkan objek tinggal klik kanan pada objek, pilih order dan pilih sesuai kebutuhan. Selanjutnya blok semua objek menggunakan pick tool, klik kanan dan pilih group.

Ok, semua objek sudah siap. Selanjutnya tinggal atur tata letaknya sehingga menjadi satu kesatuan, caranya sama seperti saat membuat objek-objek sebelumnya.

Akhirnya tugas softskill part 1 selesai saya buat, part-part selanjutnya segera menyusul (tunggu perintah dari dosen). Maaf gambar karakter yang saya buat masih banyak kekurangannya, karena itulah yang saya bisa buat saat ini. Semoga postingan kali ini bermanfaat.



0 Responses to "TUGAS SOFTSKILL PART 1"

Leave a Reply