rss

Konsep Komunikasi Data

Posted by gie

Komunikasi data adalah pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari satu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektro magnetik, kabel serat optik (fiber optic cables), atau sinyal gelombang mikro (microwave signals). Istilah lain yang digunakan adalah teleprocessing, telekomunikasi, telecom dan datacom.

Fungsi komunikasi data :
-Memberikan informasi kepada orang yang tepat dalam waktu yang tepat
-Memperoleh data bisnis selagi data tersebut dibuat (online)
-Memungkinkan orang dan bisnis yang mempunyai lokasi geografi berlainan dapat saling berkomunikasi

Elemen-elemen Komunikasi Data :
- Sumber Data
- Media Transmisi
- Penerima Data

Sumber Data :
 elemen yang bertugas mengirimkan informasi / data, contoh ; telepon, fax, terminal dll
• Sumber Data dilengkapi oleh Transmitter
• Output Transmitter pada Sumber Data : pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, pulsa digital
• Contoh Transmitter : modem

Media Transmisi :
 media yang digunakan untuk mengirimkan data dari sumber data ke penerima data
• Media Transmisi terdiri dari 2 katagori / jenis : media transmisi fisik dan media transmisi non fisik.
• Media Transmisi Fisik, contoh : kawat tembaga, kabel coaxial, kabel serat optic.
• Media Transmisi Non Fisik, contoh : gelombang elektromagnetik

Penerima Data :
 elemen yang bertugas menerima informasi / data, contoh ; telepon, fax, terminal dll.
• Penerima Data dilengkapi oleh Receiver

Semua peralatan datacom yang saling berhubungan disebut jaringan.

Jenis-jenis Jaringan :

Jaringan Luas (Wide Area Network – WAN)
meliputi area geografis yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi seperti jasa telepon jarak jauh, transmisi satelit, dan kabel bawah laut. WAN umumnya melibatkan host computers dan beragam jenis perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi. Contoh : jaringan perbankan antar daerah, sistem reservasi, dll.

Jaringan Setempat (Local area Network – LAN)
meliputi area yang terbatas. Namun, perbedaan ini mulai berubah dengan semakin meluasnya ruang lingkup cakupan LAN. LAN umumnya menghubungkan hingga ratusan komputer mikro yang semuanya berlokasi di area yang relatif kecil, seperti satu gedung atau beberapa gedung yang berdekatan. Perusahan tertarik pada pada LAN, karena LAN memungkinkan beberapa pemakai berbagi perangkat lunak, data, dan peralatan.

Jaringan Metropolitan (Metropolitan Area Network – MAN)
meliputi keseluruhan suatu kota.

Public Data Network (PDN)
Jaringan yang digunakan untuk menghubungkan pusat jaringan yang satu dengan yang lain dan biasanya terletak berjauhan bahkan berada di benua yang lain. Umunya sentral dari PDN dimilik oleh pemerintah atau organisasi lain.
Private Branch Exchange (PBX)
Jaringan yang digunakan terutama untuk hubungan telepon atau komunikasi suara pada satu bagunan tetapi menggunakan teknologi yang sama dengan sentral telepon. Mirip dengan LAN tetapi data transfer-nya tidak setinggi LAN.

Berdasarkan cara atau bentuk transmisi, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

Switched Network
Merupakan sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segmentasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan MAC address). Contoh dari Switched Network adalah Circuit Switched Network, Message Switched Network, dan Packet Switched Network.


Broadcast Network
Merupakan sebuah alat jaringan yang mengirimkan paket data ke beberapa arah sekaligus. Contoh dari Broadcast Network adalah Packet Radio Network, Satellite Network, dan Local Network.
Dalam sistem komunikasi data dikenal beberapa macam perangkat keras :
a. Terminal
 Merupakan alat yang melayani proses I/O, jadi merupakan penghubung antara manusia dengan mesin. Pemilihan terminal ditentukan oeh kebutuhan pada saat ini dan melihat perkembangan di masa datang.

b. Komputer
 Komputer atau prosesor yang dibutuhkan untuk sistem komunikasi data aak berbeda dengan prosesor untuk pengolah data. Banyak komputer dapat melayani kegiatan komunikasi data, asal saja perangkat keras dapat mengambil alih tugas yang kurang dapat dikerjakan secara efisien oleh prosesor tsb. Kebutuhan utama prosesor pada komunikasi data ialah mengolah data yang datang secara cepat dalam sistem real-time.

c. Tranmission lines
 Supaya data dapat diterima oleh penerima diperlukan suatu media untuk membawa data tersebut. Medium tersebut dinamakan Saluran Transmisi (transmission lines). Pada dasarnya sistem transmisi dapat membawa data secara listrik atau elektro optik dan melalui satu kanal telekomunikasi. Kanal telekomunikasi merupakan saluran yang dipergunakan untuk membawa data dari sumber ke penerima.

d. Modem
 Singkatan dari Modulator – DEModulator, sesuai dengan fungsinya yaitu melakukan modulasi (merubah pulsa biner menjadi sinyal analog) dan demodulasi. Dalam komunikasi data selalu diperlukan sepasang modem yang masing-masing dipasang di pemancar dan penerima.

e. Multiplexer
 Penggabungan 2 sinyal atau lebih untuk disalurkan ke satu saluran komunikasi, sehingga terjadi efisiensi penggunaan saluran komunikasi.

f. Concentrator (pengumpul)
 merupakan antar muka sejumlah terminal dengan saluran ke komputer pusat. Digunakan sebagai pengganti ataupun bersama-sama dengan multiplexer. Data yang diterima dikumpulkan dalam jumlah tertentu, baru kemudian disalurkan secara bersamaan ke tujuan. Sehingga Concentrator dapat membebaskan saluran komunikasi dari lalu lintas yag tidak bermanfaat, dan membebaskan komputer dari semua kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran berita tanpa salah (error free messages).


Keuntungan Komunikasi Data
a. memungkinkan penggunaan komputer atau terminal secara terpusat (sentralisasi) maupun tersebar (desentralisasi) sehingga mendukung menajemen dalam hal kontrol.
b. mempermudah kemungkinan pengolahan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer
c. mengurangi waktu untuk pengolahan data
d. mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan)
e. mempercepat penyebaran informasi


Dari seluruh penjelasan yang ada, dapat disimpulkan bahwa jaringan komputer memiliki pengaruh positif bagi pemecah masalah perorangan dalam melakukan komunikasi data. Dengan adanya jaringan komputer perpindahan data dari satu komputer ke komputer lain menjadi lebih cepat dan mudah.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data

http://ijaa.files.wordpress.com/2009/01/konsep-dasar-komunikasi-data.doc

0 Responses to "Konsep Komunikasi Data"

Leave a Reply