rss

MEMBUAT TAMPILAN ANDROID MENGGUNAKAN PELLES C

Posted by gie | Posted in

LISTING :

gluLookAt(0.0,0.0,10.0,0.0,0.0,0.0,0.0,10.0,0.0);
GLfloat i,angle;
GLfloat PI = 3.14;
GLint circle_points = 100;

//kepala
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(-0.1+1.4*sin(angle), 2.0+1.5*cos(angle));
}
glEnd();

//menutup lingkaran menjadi setengah lingkaran.
glBegin (GL_QUADS);
glColor3f(1,1,1);
glVertex2f(-3,2.2);
glVertex2f(2.8,2.2);
glVertex2f(2.8,-2.8);
glVertex2f(-3,-2.8);
glEnd();

//badan
glBegin (GL_QUADS);
glColor3f(0,0,0);
glVertex2f(-1.5,2);
glVertex2f(1.3,2);
glVertex2f(1.3,-1);
glVertex2f(-1.5,-1);
glEnd();

//kaki kiri
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(-0.7+0.6*sin(angle), -1.5+1*cos(angle));
}
glEnd();

//kaki kanan
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(0.5+0.6*sin(angle), -1.5+1*cos(angle));
}
glEnd();

//sisi kaki kiri
glBegin (GL_QUADS);
glColor3f(1,1,1);
glVertex2f(-2.1,-0.8);
glVertex2f(-1,-0.8);
glVertex2f(-1,-2.8);
glVertex2f(-2.1,-2.8);
glEnd();
//sisi kaki kanan
glBegin (GL_QUADS);
glColor3f(1,1,1);
glVertex2f(0.85,-0.8);
glVertex2f(1.9,-0.8);
glVertex2f(1.9,-2.8);
glVertex2f(0.85,-2.8);
glEnd();
glBegin (GL_QUADS);

//pemisah antar kaki
glColor3f(1,1,1);
glVertex2f(-0.35,-0.8);
glVertex2f(0.2,-0.8);
glVertex2f(0.2,-2.8);
glVertex2f(-0.35,-2.8);
glEnd();

//tangan kanan
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(1.85+0.35*sin(angle), 1.65+0.4*cos(angle));
}
glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(1.85+0.35*sin(angle), 0.2+0.4*cos(angle));
}
glEnd();

glBegin (GL_QUADS);
glColor3f(0,0,0);
//persegi pnjg
glVertex2f(1.5,1.65);
glVertex2f(2.2,1.65);
glVertex2f(2.2,0.2);
glVertex2f(1.5,0.2);
glEnd();

//tangan kiri
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(-2.05+0.35*sin(angle), 1.65+0.4*cos(angle));
}
glEnd();

glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(0,0,0);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(-2.05+0.35*sin(angle), 0.2+0.4*cos(angle));
}
glEnd();

glBegin (GL_QUADS);
glColor3f(0,0,0);
glVertex2f(-2.4,1.65);
glVertex2f(-1.7,1.65);
glVertex2f(-1.7,0.2);
glVertex2f(-2.4,0.2);
glEnd();

//mata kiri
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(1,1,1);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(-0.7+0.15*sin(angle), 2.7+0.15*cos(angle));
}
glEnd();

//mata kanan
glBegin(GL_POLYGON);
glColor3f(1,1,1);
for (i = 1; i < circle_points; i++) {
angle = 2*PI*i/circle_points;
glVertex2f(0.55+0.15*sin(angle), 2.7+0.15*cos(angle));
}
glEnd();

// antena kiri
glBegin (GL_QUADS);
glColor3f(0,0,0);
glVertex2f(-1.5,3.9);
glVertex2f(-1.4,4);
glVertex2f(-0.2,2.5);
glVertex2f(-0.4,2.6);
glEnd();

// antena kanan
glBegin (GL_QUADS);
glColor3f(0,0,0);
glVertex2f(1.5,3.9);
glVertex2f(1.4,4);
glVertex2f(0,2.5);
glVertex2f(0.2,2.6);
glEnd();


NB : Kode program diatas di tulis pada area penggambaran!

Kode program diatas merupakan kode program untuk membuat tampilan android dengan menggunakan aplikasi pelles c. Pelles C adalah sebuah program yang membantu kita untuk membuat penggambaran dengan menggunakan bahasa open GL. Pelles C adalah alat bantu yang merupakan turunan dari bahasa C. Saya menggabungkan polygon dan persegi untuk membuatnya.
Untuk mulai melakukan penggambaran dilakukan dengan statment glBegin(); di dalam tanda kurung kita dapat menentukan jenis penggambaran yang akan digunakan, pada penggambaran ini saya menggunakan GL_POLYGON untuk menggambar lingkaran. Untuk memberikan warna pada lingkaran kita gunakan statement glColor3f(0,0,0); yang berarti warna yang digunakan adalah hitam. Pada glColor3f(); memang harus menggunakan 3 digit tetapi digit ini bukan untuk menentukan titik tetapi kombinasi warna RGB dimana pada digit pertama untuk nilai warna merah(RED),kedua nilai untuk warna hijau(GREEN) dan terakhir untuk warna biru(BLUE) disini menggunakan float sehingga nilainya dapat berupa pecahan sehingga dapat dihasilkan warna yang lebih bervariasi.
Selanjutnya terdapat statement perulangan yaitu for, dimana nilai i = 1 sampai i kurang dari nilai variabel circle_ponts dan nilai i bertambah 1. Nilai untuk variabel angle didapat dari perhitungan 2*PI*i/cicle_ponts.
Pada penggambaran titik digunakan perintah glVertex(); yang kemudian diikuti dengan jumlah titik yang akan digunakan jika glVertex2i berarti menggunakan 2 titik koordinat yakni x dan z dan angkanya harus bulat karena tipenya adalah integer huruf “i” di belakang angka 2 menunjukan tipe datanya jika hurufnya ”f” yang berarti float maka titik yang dimasukan dapat berupa bilangan pecahan.
Karena disini masih melakukan penggambaran 2 dimensi maka cukup menggunakan glVertex2f(x,y); dimana ia akan menggunakan 2 titik koordinat dengan tipe data float sehingga dapat memasukan bilangan pecahan dan x,y di dalam kurung dapat diganti dengan titik koordinat yang sudah ditentukan.




0 Responses to "MEMBUAT TAMPILAN ANDROID MENGGUNAKAN PELLES C"

Leave a Reply