rss

Pengantar Web Science

Posted by gie | Posted in ,

Pada saat ini Internet bukanlah sesuatu yang dianggap tabu lagi. Internet telah menjamur di seluruh dunia, bahkan internet telah menjadi kebutuhan primer bagi beberapa kalangan. WEB adalah salah satu dari sekian banyak layanan yang ada di internet. Layanan ini paling banyak digunakan di intenet untuk menyampaikan informasi karena sifatnya mendukung multimedia. Artinya informasi tidak hanya disampaikan melalui teks, tetapi juga gambar, maupun video dan suara.
Ciri-ciri web :
1. Massive, dimana jumlah sumber data dan informasi berbasis web mengalami pertumbuhan yang luar biasa dalam orde ratusan ribu hingga juta per tahun.
2. Terdistribusi, teknologi web memberikan tingkat autonomi yang lebih tinggi sehingga ketersebarannya juga semakin besar. Akibatnya setiap pemilik web dapat menyajikan data ataupun informasi dengan vocabulary yang berbeda walau yang dimaksud adalah sama.
3. Dinamis, sebuah web bisa hadir pada jaringan Internet tidak terikat, lokasi geografis ataupun nama logika dari sebuah sumber informasi dapat berubah secara mudah dan sering, perubahan isi dari web juga tidak dapat diperkirakan.
4. Open, sebuah web dapat dibuat dan dibaca oleh setiap orang secara prinsip. Sehingga isu keamanan dan kepercayaan (trust) menjadi permasalah tersendiri.
Secara ringkas Bernes-Lee mengatakan Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan. Web science dibangun berdasarkan kaitan web dengan Matematika, Psikologi, Biologi, Sosiologi, Computer Science, Artificial Intelligence, Ekonomi, Hukum, dan berbagai macam cabang ilmu lain yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Adanya web science menekankan pada perkembangan Web itu sendiri dan pengembangannya,mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online, karena web bersifat sosial, maka privasi harus dikedepankan.
Perkembangan Web yang membawa ke sisi positif (seperti Peer to Peer) sedangkan ke arah negatif (seperti phishing). Kontribusi terhadap pengembangan adalah tujuan utama dari Web Science.

0 Responses to "Pengantar Web Science"

Leave a Reply